Zuck Yang Baik HAti

markzuck_1

Subhanaullah. Kalimat ini yang pertama kali terucap dari bibirku ketika membaca berita tentang Zuck, sapaan akrab Mark Zuckenberg sang pemilik facebook yang berencana menyumbangkan 99% saham facebooknya dengan nilai mencapai 621 triliun jika dikonfersi kedalam rupiah.

Ada rasa kagum yang mendalam terhadap apa yang hendak dilakukan oleh Zuck. Dalam hati membatin, seandainya ada 10 orang Zuck didunia ini dan dalam waktu bersamaan menyumbangkan kekayaanya dalam jumlah yang besar seperti ini, maka saya yakin dan percaya kalau kelamnya kehidupan manusia seperti yang kita saksikan saat ini sedang terjadi diberbagai belahan bumi  mungkin bisa saja teratasi dengan segera.

Dalam rencananya Zuck akan memperuntukan uang itu untuk memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan semua anak di generasi berikutnya. Tentu saja apa yang diinginkan oleh  Zuck ini merupakan sebuah niatan suci yang begitu sangat didambakan oleh semua generasi yang ada diberbagai belahan dunia.

Sebagai seorang praktisi teknologi informasi yang berhasil menciptakan sebuah perangkat teknologi jejaring sosial bernama facebook, saya melihat Zuck memahami betul bahwa esensi dari berteknologi adalah untuk memberikan kemanfaatan bagi orang lain. Baik itu manfaat langsung dari teknologi yang telah diciptakan ataupun kemanfaatan yang diberkan dengan mewakafkan hasil yang didapatkan dari teknologi tadi untuk kepentingan orang banyak.

Namun realitas hari ini membawa kita pada suatu kenyataan yang lain. Rasanya seperti mencari jarum dalam jerami, sulit untuk menemukan banyak orang yang bisa berpikiran sama seperti Zuck. Ia mau berderma tanpa mengharap imbalan demi satu tujuan untuk melihat dunia ini menjadi tempat yang baik untuk didiami oleh semua manusia.

Saat kebanyakan orang kaya masih begitu sibuk memanfaatkan uangnya untuk bersenang-senang, Zuck kemudian hadir untuk memberikan uangnya untuk kemasalahatan umat manusia tanpa melihat latar belakang bangsa, suku dan agama yang dimiliki.

Zuck dan rencana besarnya hadir laksana oase dipadang pasir. Uang yang rencana akan disumbangkanya nanti untuk kepentingan pendidikan dan kesehatan seolah menjadi jawaban bagi anak-anak yang putus sekolah dan jutaan umat manusia yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Semoga saja, dengan tersebarnya berita betapa dermawanya seorang Zuck, maka diantara kita bisa bermunculan Zuck-Zuck lain yang rela mewakafkan hartanya bagi kaum papah. Kalaupun misalnya harta yang kita wakafkan tidak sebanyak nominal uang Zuck sang pemilik facebook yang jumlahnya triliunan dan diperuntukan bagi seluruh manusia diberbagai penjuru dunia, minimal harta yang kita wakafkan bisa berguna bagi orang miskin dan putus sekolah yang ada disekitar kita.

Akhirnya, saya ingin mengatakan bahwa “tidak ada peristiwa paling indah yang terjadi dimuka bumi ini selain ketika melihat orang-orang tertindas dan kesusahan bisa tersenyum karena uluran tangan dari orang berderma untuknya” -BZL- 🙂

Makassar, 03-11-2015 Diruang Kecil tak Bersekat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s