Sakit Itu Menyiksa dan Merugikan Saya

abc

(Sumber : https://inspirationsjunkie.wordpress.com)

Sehat itu patut untuk dirayakan dan disyukuri. Pasalnya, jika sakit maka akan ada hal yang terlewatkan seperti yang saya alami belum lama ini. Saat saya menderita flu, batuk dan demam hampir satu minggu lamanya, maka hampir tidak ada aktivitas yang bisa saya lakukan. Semangat pun menjadi kendur (tapi tidak sampai luntur). Saya hanya bisa berbaring lemas di atas kasur dan menjadi malas untuk melakukan apa-apa. Akhirnya, banyak kegiatan yang tidak jadi untuk di ikuti. Padahal, kegiatan-kegaitan ini begitu sangat penting dan mendesak. Salah satunya adalah kegiatan belajar di kelas Menulis Kepo yang diadakan pada setiap hari Jumat pukul 05.00 – 09.00 di warung kopi Brewbrother.

Karena sakit ini juga akhirnya membuat saya kehilangan selera untuk menyantap berbagai jenis makanan seperti biasanya. Bagaimana tidak, setiap makanan yang saya masukan kedalam  mulut semuanya terasa hambar. Meskipun  yang saya makan  itu adalah gula pasir, rasanya tetap saja tidak enak di lidah. Satu-satunya yang enak saya konsumsi adalah obat pemberian dokter. Obat ini terdiri dari dua macam. Pertama namanya Fludan yang berkhasiat untuk mengobati flu, batuk dan menurunkan demam. Sedangkan yang kedua namanya Becom-C. Manfaatnya sebagai suplemen makanan.

Saya sebetulnya kurang paham kenapa penyakit ini bisa menyerang tubuh secara beriringan. Awal mulanya tenggorokan saya yang terasa sakit. Selang satu hari kemudian hidung mulai ikut-ikutan tersumbat di ikuti dengan suhu badan yang perlahan mengalami peningkatan. Setelah itu, kepala mulai terasa berat, penglihatan menjadi buram dan otot-otot badan terasa sakit. Saya pun mulai panik dan menganggap mungkin ini penyakit yang serius.

Namun, setelah saya mendapatkan pemeriksaan dari dokter, saya pun mulai merasa lega. Ia menjelaskan bahwa kasus seperti yang saya alami adalah hal yang biasa terjadi. Sakit flu yang disertai batuk dan demam biasanya merupakan respon tubuh akibat tingginya intensitas kegiatan yang melibatkan fisik dan psikis tanpa di imbangi dengan istrahat yang cukup dan makanan bergizi. Apalagi ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, sehingga saat kondisi tubuh tidak fit maka akan sangat gampang terserang penyakit seperti itu.

Untuk itu, saya disarankan untuk banyak beristrahat dan mengkonsumsi multivitamin serta makanan bergizi seperti buah dan sayuran agar bisa cepat pulih kembali dan daya tubuh bisa jadi lebih baik. selama proses penyembuhanm saya juga disarankan untuk tidak mengkonsumi minuman dingin karena hal ini dapat memicu kembali terjadinya flu, batuk ataupun demam.

Memang benar apa yang dikatakan oleh dokter. Beberapa bulan terakhir ini aktivitas saya begitu padat. Hampir setiap hari saya harus berurusan dengan kegiatan akademik yang menjemukan. Mulai dari menyiapkan materi perkulihan, merampungkan dokumen untuk kebutuhan jabatan fungsional, pengisian BKD (Beban Kerja Dosen), menyusun tulisan ilmiah untuk diterbitkan pada jurnal nasional, serta kegiatan-kegaitan lain yang sangat menguras energi dan pikiran.

Sebetulnya kegiatan-kegatan ini adalah hal yang biasa di dunia kampus. Namun, karena saya belum lama menjadi seorang tenaga pengajar, sehingga belum terbiasa untuk melakukan itu semua. Apalagi, waktunya saling mepet. Akhirnya, saya terkadang lupa untuk mengistrahatkan badan dan mengerjakan itu semua sampai lupa makan dan begadang sampai subuh.

Setelah kejadian ini saya baru kembali sadar, bahwa pola aktivitas seperti itu adalah sesuatu yang keliru. Sepadat apapun kegiatan yang tengah dihadapi, istrahat yang cukup dan berhenti sejenak untuk mengisi lambung dengan makanan tepat pada waktunya adalah hal penting yang harus diperhatikan. Apabila lalai dengan hal ini maka ada harga mahal yang harus dibayar.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

